PERDAGANGAN ELEKTRONIK
Beberapa orang mendefinisikan perdagangan
elektronik (yang disebut juga e-commerce) dengan sangat sempit. Definisi
sempit yang Orang-orang ini akan menyebutnya sebagai transaksi bisnis
elektronik. Dengan pandangan ini,istilahbisnis
elektronik dan perdagangan elektronik akan sama. Banyak operasi
perusahaan adalah internal dilaksanakan di dalam batas perusahaan oleh bidang
bisnis keuangan, sumber daya manusia, layanan informasi, produksi, pemasaran,
dan lain-lain. Dalam definisi luas kita ini, suatu transaksi bisnis yang
menggunakan akses jaringan,sistem berbasis komputer,dan antarmuka (interface)sebuah browser.Web
akan memenuhi persyaratan sebagai perdagangan elektronik (e-commerce).
E-Commerce di Luar Batas Perusahaan
Akan bermanfaat jika kita membedakan 2 jenis
e-commerce yang terjadi dengan entitas di luar batas perusahaan. E-Commerce bisnis-ke-konsumen
(busibess-to-consumer—B2C)mengacu pada transaksi-transaksi yang terjadi antara
sebuah bisnis dan konsumen akhir produk;e-commerce bisnis-ke-bisnis
(business-to-business—B2B) mengacu pada transaksi antarbisnis dimana tidak
ada pihak yang menjadi konsumen akhir. Sebagai contoh, dalam rantai distribusi
dari produsen ke distributor ke toko eceran ke konsumen seluruh transaksi dari
satu entitas ke entitas yang lain adalah B2B sampai transaksi terjadi antara
toko eceran dengan konsumen,yaitu merupakan transaksi B2C.
Transaksi B2B melibatkan jumlah orang yang
relatif sedikit, biasanya mereka berada di dalam kelompok layanan informasi
dari perusahaan yang terpengaruh. Orang-orang yang terlibat dalam transaksi B2B
biasanya sangat terlatih dalam penggunaan sistem informasi dan mengenal proses
bisnis yang terpengaruh oleh transaksi tersebut. Karena terjadi antar bisnis,
jumlah transaksi B2B dapat relatif kecil tetapi dengan nilai yang cukup tinggi.
Satu transaksi antara toko eceran dengan konsumen, yang merupakan transaksi
B2C.
Manfaat-manfaat yang Diharapkan dari
E-Commerce
perusahaan
melaksanakan e-commerce untuk mencapai perbaikan organisasi secara
keseluruhan. Perbaikan –perbaikan ini diharapkhan merupakan hasil dari tiga
manfaat utama :
1. Pebaikan layanan pelanggan sebelum,selama,dan
setelah penjualan
2. Perbaikan hubungan dengan pemasok dan
komunikasi keuangan
3. Peningkatan imbal balik ekonomis atas pemegang
saham dan investasi pemilik. Laba adalah hasil dari sebuah organisasi yang
mencapai tujuan e-commerce adalah sarana pendukung yang kuat yang
dapat membantu organisasi mencapai tujuannya.
Manfaat di atas akan memberikan kontribusi pada
stabilitas keuangan perusahaan dan memungkinkannya bersaing dengan lebih baik
di dalam dunia bisnis yang semakin luas menerapkan teknologi komputer.
Kendala-kendala E-Commerce
Pada survei tahun 1960, 60 % perusahaan yang
memberikan respons menunjukkan bahwa mereka belum mengimplementasikan e-commerce dan
tidak memiliki rencana untuk melakukannya dalam waktu tiga tahun kedepan.
Bahkan pada tahun 2004, Departemen perdagangan AS melaporkan bahwa hanya 2,3 %
dari seluruh penjualan ritel kuatral keempat dilakukan dalam
bentuk e-commerce. Ketika ditanyakan mengenai alasan dari kehati-hatiannya,perusahaan
menyebutkan 3 kendala dengan urutan sebagai berikut :
1. Biaya yang tinggi
2. Kekhhawatiran akan masalah keamanan
3. Perantu lunak yang belum mapan atau belum
tersedia
Masing-masing kendala di atas akan semakin
tertantang seiring dengan semakin populernya teknologi dan sistem informasi.
Biaya sumber daya komputasi pada akhirnya menurun. Seperti yang diuraikan bab
1, hukum moore meramalkan penggandaan kekuatan komputer setiap 18 bulan. Dengan
berlipatnya kekuatan setiap 18 bulan, biaya e-commerce juga akan
turun.
Ruang Lingkup E-Commerce
Ketika anda membaca bagian ini, pahamilah
bahwa e-commerce bersifat dinamis dan ruang lingkup pengaruhnya dapat
berubah dalam waktu hanya beberapa bulan. Anda hendaknya mengunjungi WWWCENSUS.GOV
dan hubungkan ke halaman web e-stats untuk mengetahui
angka-angka e-commerce yang terakhir.
E-commerce menyumbang hampir $1,7 triliun
untuk aktivitas perekonomian di amerika serikat selama tahun
2003. E-commerce telah mencapai tingkat pertumbuhan tahunan lebih
dari 15% setiap tahunnya selama 5 tahun terakhir. Lebih dari 21 % penjualan
pabrik produksi AS ($843 miliar) pada tahun 2003 merupakan hasil
dari e-commerce. Hampir 17% penjualan dari distributor($730 miliar)
adalah e-commerce.
Basis Data Eksternal
Perusahaan tidak harus mengumpulkan informasi
lingkungannya sendiri. Tersedia sejumlah basis data komersial penting yang
memberikan informasi mengenai hampir semua subjek.
Perusahaan menggunakan berbagai basis data ini
untuk mendapatkan kecerdasan bisnis karena ia lebih cepat dan lebih murah dari
pada meneliti beragam jenis sumber informasi. Basis data pemerintah juga
merupakan sumber informasi penting lainnya. Informasi diberikan
dalam sejumlah format dan dapat bisa bersifat umum seperti suatu industri atau
bersifat spesifikasi seperti suatu Wilayah. Pemerintah pusat dan banyak
pemerintah daerah mendapat mandat untuk menyediakan informasi publik melalui
internet. Perusahaan menjadi semakin condong untuk melakukan pencarian
eksternal sendiri untuk kecerdasan pasar. Pencarian eksternal telah dibantu
oleh adanya fakta bahwa semakin banyak perusahaan memberikan informasinya
sendiri di web. Mesin-mesin pencari adalah cara yang paling populer bagi
nseseorang untuk mendapatkan informasi yang tersedia di web.
STRATEGI E-COMMERCE DAN SISTEM
INTERORGANISASIONAL
Masalah dalam menentukan
strategi e-commerce yang terbaik memiliki beberapa kemungkinan
solusi. Namun, strategi yang paling sering disebut-sebut adalah strategi di
mana unsur-unsur yang ada dikaitkan dengan trabsmisi data elektronik. Strategi
dimana unsur-unsur yang ada dikaitkan dengan transmisi data
elektronik. Nama yang diberikan untuk strategi ini adalah sistem interorganisasional,Istilah
yang seringkali dipergunakan untuk IOS adlah EDI, yang merupakan singkatan
dari electronic data interchange(pertukaran data elektronik).
SISTEM INTERORGANISASIONAL
Kita telah mengetahui bagaiman perusahaan dapat
membuat hubungan elektronik dengan perusahaan lain untuk menciptakan suatu
sistem interorganisasional(interorganizational sistem—IOS) sehingga semua
perusahaan bekerja bersama sebagai suatu unit yang terkoordinasi,meraih manfaat
yang tidak dapat diraih sendiri oleh setiap perusahaan. Yang berpartisipasi
disebut sekutu dagang,sekutu bisnis,atau alianis bisnis.
Manfaat IOS
Sekutu dagang dapat memasuki suatu kerja sama IOS
dengan harapan akan dapat merealisasikan 2 manfaat penting:
EDI terdiri atas transmisi data langsung
komputer-ke-komputer dalam suatu format struktur yang dapat dibaca oleh mesin.
Ketika jasa yang menjalankan dan mengelola jalur komunikasi (yang kadang
disebut sirkuit) diberikan selain jalur ituh sendiri, disebut sebagai jaringan
bernilai tambah(value added network—VAN). Vendor yang memberikan
VAN juga memberikan keahlian yang berhubungan dengan jalur.
Ekstranet
Ekstranet (extranets)adalah cara lain dari
membuat suatu IOS. Perusahaan menggunakan ekstranet melalui kolaborasi dengan
pemasok-pemasok dan pelanggan-pelanggan besar yang telah dipercaya. Keamanan
dan privasi mendapat per hatian yang serius, sehingga ekstranet biasanya
diamankan di balik suatu firewall.
STRATEGI B2C UNTUK E-COMMERCE
Nilai uang e-commerce B2B membuat nilai
uang e-commerce B2B terlihat begituh kecil. Hanya sekitar 6 persen
dari nilai e-commerce dihasilkan oleh B2B. Jadi,mengapa memahami
strategi bisnis untuk e-commerce B2B menjadi begituh penting ? 2
alasan adalah semakin banyaknya jumlah produk dan jasa yang tersedia untuk
pengiriman digital dan semakin banyaknya pelanggan yang mampu mengatasi
keengganan mereka untuk melakukan pembelian menggunakan Web.
Produk-produk Fisik
Barang-barang fisik tidak dapat dikonsumsi
melalui Web; sebagai gantinya,harus dikirimkan ke pelanggan. Perusahaan-perusahaan
yang disebut perusahaan “katalog” telah mengahadapi masalah ini selama
bertahun-tahun. Pesanan penjualan dapat diambil alih oleh web, tapi pengiriman
harus tetap dilakukan.
Sebagian besar perusahaan jasa pengiriman populer
menawarkan jasa yang melengkapi aktivitas B2C sebuah perusahaan. Pelanggan
dapat menggunakan situs web pengirim untuk melacak status kemajuan paket dari
perusahaan sampai pengirimannya hingga ke depan pintu rumah mereka. Dengan
akses pengiriman web, pelanggan akan dapat memiliki lebih banyak informasi dan
kendali atas pengiriman. Pelacakan secara online dapat membuat penjualan B2C
menjadi lebih baik.
Pemerintahan Elektronik
Pemerintahan juga dapat mengambil manfaat
dari e-commerce.satu contoh adalah polk Country di Florida. Kantor Pajak
Polk County menggunakan layanan online melelang sertifikat pajak bumi dan
bangunan pada tahun 2005. Sertifikat pajak adalah cara bagipemerintah daerah
untuk mengasih pajak bumi dan bangunan yang belum dibayar. Seorang individu
akan memberikan penawaran untuk properti yang memiliki pajak tertunggak,
membayar pajak tersebut, dan menagih pajak dai pemiliknya, plus sejumlah bunga
atas pajak yang terutang
LANGKAH E-COMMERCE BERIKUTNYA
Perdagangan bergerak
Perdagangan bergerak (mobile commerce atau
m-commerce) adalah penggunaan telepon seluler dan asisten digital
pribadi (personal digital assistant—PDA) untuk
melakukan e-commerce nirkabel. Seiring dengan berkembangnya teknologi
telepon seluler dari generasi analog menjadi generasi digital, istilah
telekomunikasi generasi ketiga (thirdgeneration—3G)telah secara longgar
dipergunakan untuk teknologi-teknologi nirkabel yang mampu memindahkan data.
Nirkabel Berkelas Bisnis di Semuah Tempat
Hot spot Internet nirkabel cukup memadai
untuk penggunaan Web umum maupun pribadi,namun memeriksa e-mail di sebuah kedai
kopi Strabucks adalah suatu cara yang kurang memadai bagi profesional bisnis.
Hot spot biasanya diciptakan dengan menggunakan suatu koneksi kabel (untuk kecepatan
komunikasinya yang tinggi) dan kemudian dipancarkan melalui sebuah poin akses
nirkabel ke suatu wilayah yang kurang lebih berjarak 100 meter dari poin akses
tersebut.
dan penerimaan data oleh seseorang melalui suatu
jaringan yang kompleks yang melibatkan banyak komputer dan koneksi jaringan
adalah suatu hal yang memungkinkan untuk dilakukan.
CYBERSPACE DAN SUPERHINGHWAY INFORMASI
Dua istilah lain yang juga dikaikan dengan
Internet dan Web— cyberspace dan superbigbway (jalan bebas hambatan
super)informasi. Istilah cyberspace diperkenalkan ketika penulisan William
Gibson menggunakan dalm bukunya Neuromancer menggambarkan suatu masyarakat yang
telah menjadi budak teknologi. Kini ,cyberspace berarti dunia Internet dan
World Wide Web. Istilah superhinghway informasi digunakan dalam konteks yang
sama, tetapi tidak ada suatu kesepakatan penih mengenai dampak akhirnya pada
masyarakat.
SISTEM INFORMASI MANAJAEMEN
Irwan Setyo N
33111720
33111720
2DB05
UNIVERSITAS GUNADARMA
2012
2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar